Devina Ratna

Admin

9 bulan yang lalu


Frugal Living: Bukan Pelit tapi Irit 😊

9 bulan yang lalu - By Devina Ratna

Bestalk yang juga millenial parents atau millenial couple pasti ga asing nih dengan istilah frugal living yang akhir-akhir ini sering diomongin dan dikampanyekan di masyarakat. Tentunya style millenial dan style konvensional beragam nih merespon fenomena ini, ada yang pro dan nggak sedikit pula yang kontra. Menurutnya frugal living itu pelit lah, atau sering juga dilontarkan kata kata "masa buat diri sendiri dan keluarga masih mikir" yash dan tentunya masih banyak lagi. Nah daripada bertanya-tanya dan menciptakan spekulasi abcdef to z, let’s explain this phenomena!!

Frugal Living adalah konsep hidup yang fokus pada financial, fokus untuk mengatur alur ekonomi dalam keluarga tentunya untuk uang masuk dan keluar yaaa. Frugal living  ini mampu dijadikan strategi untuk mencapai visi keuangan keluarga. Maksudnya?? Yaaa tentu dalam rumah tangga memiliki keinginan untuk memiliki ini dan itu yakaannn. Kadang ketika mau beli sesuatu langsung beli aja dan endingnya harus "berpuasa" untuk hari-hari selanjutnya, atau bisa dengan memangkas jatah bulanan yang juga pasti berdampak ke jatah jatah kebutuhan lainnya yakan yaaa. Nah mungkin keinginan dan prioritas keluarga bisa terbantu ketika keluarga mampu menerapkan frugal living dengan tepat.

Frugal Living merupakan life style yang menekankan pada kesadaran atau mindfulness saat mengeluarkan uang. Bukan menjadi pelit namun lebih pada kesadaran tentang nilai dari barang yang akan dibeli, apakah benar sesuai dengan kebutuhan atau hanya keinginan sesaat. Frugal Living bukan berarti berhemat dengan membeli barang semurah mungkin, karena tidak jarang individu penganut frugal living membeli sesuatu yang mahal namun barang tersebut memiliki nilai dan kualitas yang baik untuk tahun-tahun kedepannya. Jadi titik temu dan benang merahnya adalah kualitas. Nggak papa beli yang mahal karena bisa dipakai lama daripada beli murah gampang rusak dan repeat order terus.

Nah itulah konsep frugal living, jadi mereka bukan pelit yaa tapi berusaha menekan pengeluaran tidak penting dan impulsifitas diri. Bestalk tim mana nih??