Devina Ratna

Admin

1 tahun yang lalu


Bystander effect: It’s your choice, cuma mau jadi pengamat atau mau jadi aktor utama?

1 tahun yang lalu - By Devina Ratna

Bestalk pernah liat kecelakaan dijalan? Pernah memperhatikan yang mengerubungi? Ada yang menolong ada yang sibuk merekam kejadian dan ada juga yang cuma berdiri dan liat aja?

Bestalk tau ga apa sih istilah yang ditujukan untuk orang yang melihat kecelakaan atau kemalangan tapi hanya berdiri atau melihat aja?

Fenomena ini disebut bystander effect, sebuah fenomena yang erat kaitannya dengan pendekatan dalam psikologi sosial yaitu kondisi ketika kehadiran orang lain membuat seseorang mengurungkan niat untuk membantu. Hal ini disebabkan oleh orang berspekulasi bahwa akan ada orang yang menolong si korban yang sedang kesulitan. Banyaknya orang yang ada dan membantu membuat bystander ini berfikir "alah udah banyak kok yang bantuin" seolah olah kontribusi mereka itu tidak akan berguna dan mereka memiliki untuk tidak berbuat apapun. Coba kita berfikir sejenak jika semua orang memiliki anggapan seperti itu, apakah endingnya ada yang menolong si korban?

Kita cari tau sebenernya apa sih yang membuat tokoh bystander effect ini mengurungkan niat buat membantu si korban. Menurut Bibb Latane dan John Darley yang mana merupakan tokoh pencetus istilah terkait yang mana merupakan tokoh psikolog aliran sosial yang menyebutkan bahwa ada dua alasan yang menyertai fenomena ini yaitu:

  1. Difusi tanggung jawab yaitu keadaan ketika individu tidak merasa harus menolong dan bertanggung jawab atas peristiwa yang terjadi karena sudah ada banyak orang di sekitar korban
  2. Terlalu melihat situasi, ada beberapa situasi dari sudut pandang si bystander yaitu dirinya kurang memahami apa yang seharusnya dia lakukan atau belum mengetahui cara penanganan yang tepat untuk korban

 

Lalu baiknya kita gimana sih kalo semisal ada di posisi bystander biar bermanfaat?

  1. Tumbuhkan rasa empati
  2. Hubungi medis atau petugas terkait
  3. Melawan rasa apatis dan mulai ikut event yang mengedukasi


"What are you waiting for, You must take action to change the situation"